Senin, 21 Februari 2011

hubungan Liver dengan Pangkreas (limpa) dan organ lainnya

Organ Hati ( Liver )

Secara anatomi kedokteran modern Liver terletak di bawah diafragma di sebelah kanan di dalam rongga (cavum) abdominalis (jiao tengah) bahasa mudahnya hati terletak di rongga perut. Meskipun tergolong organ Zang dan penyimpan “darah YIN” namun memiliki karakter YANG, karena YANG-QI di dalam LR sangat aktif dan bergerak sangat cepat menyebar. Ada yang mengatakan hati disebut sebagai organ dengan “badan Yin dengan pemakaian Yang”.

Fungsi utama Liver

Memerintah Shu Xie

Shu-xie berarti menjaring dan kemudian memperhalus jalannya materi apapun di dalam tubuh, artinya hati memerintah Shu-xie dengan cara menjaring/mengumpulkan dan mengatur pergerakan semua jenis Qi (energy)sedemikian rupa sehingga aliran Qi ke seluruh tubuh berjalan dengan baik. Semua kegiatan fisiologi organ dan jaringan tubuh ditentukan oleh normalitas gerakan Qi. Oleh karena itu Liver berperan penting dalam mengendalikan fungsi-fungsi fisiologik Zang-fu dan jaringan tubuh lainnya. Kegiatan pengaturan Qi oleh Liver dapat dirumuskan sebagai berikut:
Mendorong sirkulasi darah Keseluruh tubuh dan pertukaran zat (metabolism) di dalam cairan tubuh. Sirkulasi darah dan metabolisme cairan tubuh bergantung kepada berputarnya fungsi Zangfu-Qi, dan semuanya ini dikendalikan oleh Liver.

Contoh dalam klinis:
bila Liver lemah dalam menjaring dan mengatur Qi, maka aktivitas Qi terhambat dan sirkulasi darah juga tersumbat, sehingga menyebabkan darah terhenti (blood statis).
Sebaliknya bila Liver dalam keadaan berlebihan (hiperaktif) dalam mengarahkan dan mengatur, maka sirkulasi darah akan berbalik dan bersama Qi menimbulkan pendarahan (haematemesis).
Bila aktivitas Qi tersumbat dan cairan tubuh juga terhambat, akan menyebabkan terjadinya odem ( bengkak isi air )
Membantu proses pencernaan

Liver juga membantu Limpa dan Lambung mencerna makanan yang masuk karena fungsi Liver yang mengarahkan dan mengatur aliran Qi akan menentukan fungsi Pangkreas/Limpa (SP ) dan Lambung ( ST ) pula. Karena itu dapat dikatakan, bahwa LR ( Liver ) juga memegang peranan penting dalam proses pencernaan karena Qi SP dan Qi ST di atur oleh LR. Di samping itu empedu yang dihasilkan di dalam LR akan ditampung didalm kantong empedu (GB), kemudian disalurkan ke dalam SI ( Usus kecil ) untuk membantu mencerna. Karena itu dikatakan bahwa LR dan GB berhubungan luar dalam.

Menurut teori Pergerakan 5 unsur ( U-Sing),
Liver memiliki hubungan membatasi (control cycle) terhadap limpa-lambung, jadi bila ada gangguan Qi-liver sangat berpengaruh ke pada Qi-limpa (pangkreas)dan Qi-lambung, maka dapat menyebabkan regang lambung (abdomen distension), nyeri lambung dan diare karena kegagalan Qi-limpa mengalir ke atas sedangkan Qi-lambung gagal mengalir ke bawah, malah ikut berbalik ke atas menyebabkan muntah, mual, cegukan, bersendawa, dan lain-lain.
Kegagalan LR mengatur sekresi dan ekresi empedu berakibat ketidak keseimbangan dengan GB ( Kandung Empedu ). Bila hal ini terjadi maka gejala timbul sebagai nyeri hipokhondria, jaundice (penyakit kuning non infeksi) dan anorexia (nafsu makan hilang).

Mengendalikan mental

LR juga mengendalikan aktivitas mental meliputi pengendalian aktivitas psikologik seperti nafsu amarah, gembira , cemas (anxiety) dan sebagainya. Aktivitas mental merupakan bagian aktivitas spiritual (sen), jadi fungsi LR erat hubungan dengan JANTUNG ( jantung ). Hubungan LR dan JANTUNG yang harmonis membuat yang bersangkutan memiliki mentalitas yang baik, penuh kebahagiaan.
Qi-LR yang menurun (berkurang) menyebabkan depresi, murung dan kurang semangat
Sebaliknya bila Qi-LR berlebih karena ada pathogen lain yang ekses menyebabkan orang mudah marah, panas hati wajah dan mata merah , kepala berat dan nyeri.
Mengatur hal-hal khusus perempuan

Menstruasi, kehamilan, persalinan dan proses-proses fisiologik khusus perempuan lainnya melibatkan fungsi LR, karena hal-hal tersebut erat hubungannya dengan kecukupan Xue (darah). Seperti telah diuraikan di atas, bahwa LR mengontrol urusan-urusan Xue, organ uterus, proses menstruasi, kehamilan dan persalinan semuanya memerlukan Qi-LR yang mampu mengalir ke organ-organ konsepsi. Penyakit gangguan menstruasi (dysmenorrheal/ nyeri waktu haid, amenorrhea/ tidak ada darah haid, dan lain-lain) merupakan tanggung jawab utama dari LR. Dalam perjalanananya meridian LR mengelilingi alat kelamin.
LR menyimpan Xue

LR merupakan organ penyimpan Xue dan mengatur volume Xue. Kecuali LR merupakan organ pensuplai Xue kepada dirinya sendiri juga mensuplai Xue Zangfu dan jaringan tubuh lainnya. Dalam kecukupan Xue-LR akan menjamin YIN-fluid memelihara organ dan jaringan tubuh., sehingga dapat mengimbangi YANG-LR. Organ LR mengatur juga volume Xue yang dibutuhkan oleh masing-masing Zangfu dan jaringan tubuh lainnya. Dalam keadaan beristirahat kebutuhan Xue Zangfu dan jaringan tubuh berkurang, maka LR akan menyimpan kelebihannya, demikian sebaliknya bila Zangfu memerlukan Xue, maka LR akan mensuplainya dari persediaan. Tergantung kepada aktivitas Zangfu dan jaringan tubuh yang lainnya, kebutuhan Xue-nya masing-masing juga berbeda-beda. Pengaturan kebutuhan Xue bagi semua aktivitas tubuh di atur oleh LR.
Kekurangan Xue dalam LR akan menimbulkan gejala-gejala pusing, vertigo, kelemahan anggota badan, darah haid yang sedikit dan berwarna cerah sampai kepada gejala amenorrhea.
Kegagalan LR sebagai organ penyimpan Xue akan menyebabkan berbagai gejala perdarahan dalam uterus.

LR memerintah tendon

Tendon adalah jaringan yang menghubungkan otot-otot dengan tulang dan atau persendian-persendian. Keluwesan pergerakan, sendi-sendi, pergelangan dan sebagainya ditentukan oleh kelenturan tendon dan cukupnya sinovial. Fungsi tendon tergantung kepada kondisi Xue-LR dalam mensuplai darah dan YIN-LR dalam melumasi tendon. Tremor pada kaki atau tangan, rasa baal pada anggota tubuh, lekas lelah (fatique), semuanya itu gejala-gejala dengan defisiensi Xue/ darah LR dan YIN-LR.
Mata adalah pintu-tubuh

Meridian LR mengalir ke atas sampai kepala dan kedua mata. Jadi, mata juga di suplai kebutuhan oleh Qi-liver dan YIN-liver. Jadi visus (daya lihat) mata ditentukan oleh kondisi kesehatan organ liver

Contoh dalam klinis : defisiensi Xue / darah -LR terlihat dengan timbulnya gejala mata kering, pandangan buram, bengkak dan nyeri mata, dan katarak.

Qi dari 5-zang dan 6-fu mengalir kedalam mata dapat pula merupakan “peta Zangfu”, sebagai berikut:
Bagian putih mata berhubungan dengan LU memerintah Qi
Bagian hitam mata berhubungan dengan LR memerintah Angin
Bagian luar dan dalam canthus mata memerintah Xue
Bagian atas dan bawah eyelids memerintah otot
Bagian pupil memerintah air

LR bermanifestasi pada kuku

Kuku jari-jari kaki maupun tangan merupakan tempat manifestasinya fungsi LR juga, karena kuku merupakan kepanjangan dari tendon. Kuku di suplai makanan oleh Xue-LR. Kuailitas kuku ditentukan oleh kualitas fungsi Xue-LR, bila Xue-LR defisien kuku menjadi lunak, rapuh, salah bentuk dan bergelombang, sedangkan kuku yang sehat adalah kokoh, mengkilap, bening kemerahan karena adanya Xue-LR yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar